Minggu, 21 Desember 2014

10 Keistimewaan Luar Biasa Yang Lupa Untuk Disyukuri

Bersyukur itu indah at imgfave.com

Ya keistimewaan tersebut amat sangat perlu untuk dicamkan baik-baik dalam pikiran kita, bahkan di masa ketidakpastian - ketika hidup tampaknya jauh dari sempurna - sebaiknya rasa syukur terhadap keistimewaan ini bisa dipelihara dalam pikiran selalu.

"Wealth is the ability to fully experience life."

Apa saja itu...


1. Kamu Hidup.

Ya, ketika kamu membaca postingan ini itu tandanya kamu masih bernafas, bersyukurlah karena masih diberi kesempatan kehidupan sampai detik ini.


2. Kemarin malam kamu bisa tidur dalam keadaan tidak kelaparan.

Bagaimana tidurmu kemaren malam, nyenyak ? Setidaknya kamu bisa tidur dengan tenang, syukurilah hal tersebut karena kamu masih bisa makan sesuatu pada siang hari dan pergi tidur pada malam hari.


3. Kamu tidur di kamarmu atau di kamar kosmu, tidak di luar rumah atau tengah jalan.

Bersyukur karena kamu masih memiliki tempat untuk bernaung, tempat untuk beristirahat pada malam harinya. Ketika lelah kamu bisa berbaring di kamarmu atau kamar kosmu bukan di luar rumah atau di tengah jalan, kan ?


4. Kamu punya pilihan untuk memakai pakaian-pakaian mana yang akan kamu kenakan pagi ini.

Kamu punya banyak koleksi pakaian untuk kamu kenakan di lemarimu ? Bersyukur karena kamu diberi pakaian untuk menutup tubuhmu, memperindah penampilanmu dan kamu pun bebas memilih yang mana untuk dikenakan. Walaupun tak banyak koleksi, namun setidaknya kamu punya lebih dari satu pakaian ganti kan ?


5. Kamu hidup dalam masa-masa damai, tidak ditimpa perang dan ketakutan.

Kamu yang tinggal di Indonesia perlu bersyukur karena saat ini Indonesia masih damai keadaannya secara umum. Kamu sedang tidak tinggal di zona peperangan dan penindasan. Banyak bersyukur dan doakan saudara kita yang sedang berada di sana yang ada di zona konflik.


6. Kamu mengetahui ada seseorang yang mencintaimu.

Kamu masih memiliki ibumu dan ayahmu ? Bersyukurlah kepada Tuhan dan berbuat baiklah kepada kedua orang tuamu sebagai rasa syukur dan terima kasihmu karena mereka yang telah mencintaimu setulus hati. Kamu memiliki sahabat dan teman yang selalu menyemangatimu ? Bersyukurlah mereka orang-orang baik yang menyayangimu tanpa pandang bulu. Kamu memiliki pasangan yang kamu tahu kalau dia sayang kepadamu ? Lagi bersyukurlah.


7. Kamu punya sarana dan fasilitas untuk mendapatkan air bersih sebagai minuman, mandi, dan sebagainya

Apa air yang kamu minum itu berbau busuk dan amis ? apa kamu perlu naik turun gunung untuk mengambil air ketika ingin mandi ? apa kamu merasa gatal karena kamu mandi dengan air yang kotor ? Ketika kamu merasa haus kamu bisa beli minuman segar di warung atau di restoran ? Bersyukurlah air yang kamu gunakan itu bersih dan amat mudah untuk dicari.


8. Kamu bisa mengakses sarana kesehatan dengan mudah.

Ketika kamu sedang sakit kamu bisa pergi ke apotek terdekat atau minimal warung untuk beli obat. Warga perkotaan dengan mudah bisa mengakses rumah sakit ketika mereka sakit. Lain halnya dengan warga pedalaman dan pedesaan, apabila mereka sakit untuk pergi ke puskesmas jaraknya saja amat jauh bisa puluhan kilometer ditambah jalan yang sulit ditempuh karena keterbatasan fasilitas.


9. Kamu punya internet.

Hey, kamu yang sedang asyik berselancar ria di dunia maya kamu perlu bersyukur karena kamu punya internet. Kini internet sudah amat mudah kamu peroleh, di handphone mu, modem, Wi-Fi. Ya, fasilitas ini amat mudah diperoleh bagi kamu yang warga perkotaan. Kamu perlu bersyukur dengan internet kamu mudah untuk cari informasi, menyelesaikan tugas sekolah atau kuliahmu, bisa chatting dengan sahabatmu. Jadi, bersyukurlah.


10. Kamu bisa membaca.

Kamu yang sedang membaca postingan ini pasti kamu punya kemampuan membaca. Kamuperlu bersyukur karena masih diberi nikmat penglihatan oleh Tuhan sehingga kamu bisa melihat dan membaca ilmu-ilmu dan informasi yang kamu inginkan. Semoga kemampuan ini mampu memperkaya wawasanmu dan bisa membaginya dengan yang membutuhkan.

Begitulah, segilintir nikmat yang istimewa yang kamu miliki, ternyata kamu kaya banget ya tanpa kamu sadari. "Maka nikmat Tuhan mana lagi yang kamu dustakan ?", terjemahan dalam Al-Quran. Semoga kita semua mampu bersyukur atas semua nikmat yang kita miliki sekarang ini. Sekian terima kasih. :D

Tidak ada komentar :