Senin, 24 November 2014

Bersyukurlah Atas Kritik

Tidak semua yang kita lakukan akan menerima pujian. Kadang, orang lain justru lebih senang memberikan kritik. Huufft .. Ya memang pujian - sesuatu yang bersifat positif - jauh lebih kita senangi dibandingkan dengan kritikan yang bersifat negatif. Bahkan walaupun kritikan tersebut sifatnya halus sekalipun mampu membuat seseorang merasa tertolak atau sakit hati.


Tetapi memang kita tidak bisa mengontrol, memengaruhi pendapat orang lain yang kita terima tentang kita dan apa-apa yang kita lakukan. Yang bisa kita kontrol hanyalah respons, sikap kita , bagaimana cara kita menanggapi berbagai macam kata orang tentang diri kita.

Walaupun begitu kita perlu yakini bahwa setiap yang ada di dunia ini juga memiliki sisi positif yang bisa diambil termasuk kritikan yang dilontarkan orang lain kepada kita. Dengan menyadari hal demikian semoga kita menjadi lebih besar hati dan lapang dada dalam menerima kritikan.


1. Temukan hal yang kamu sepakati dalam kritik itu, dan tetaplah rendah hati
Sebuah kritik tidak mungkin dilayangkan padamu tanpa sebab. Daripada memandang kritik itu sebagai serangan, lebih baik kamu mencari apa yang bisa kamu amini darinya.

Jangan hanya terpaku pada pedasnya kalimat orang yang mengkritikmu. Berusahalah untuk menerjemahkan pesan yang terkandung di dalamnya, dan jadikan itu cambuk bagi prestasimu di masa depan.


2. Kritik Akan Terus Mendorongmu Untuk Menjadi Lebih Baik

Sebenarnya kritik adalah cara yang paling efektif untuk membuatmu berkembang dalam bidang yang tengah kamu tekuni. Melalui kritik, kamu akan lebih mudah mengerti dimana titik lemahmu, sehingga kamu bisa menyiapkan cara untuk memperbaiki kekuranganmu.

Memang bukan hal mudah untuk menerima bahwa diri kita punya banyak kekurangan. Tetapi, ini adalah awal dari usaha untuk menjadi lebih baik lagi.

3. Kritik Akan Memberimu Perspektif Baru Tentang Dirimu Sendiri


Sebelum orang lain atau temanmu mengkritikmu, kamu mungkin merasa tidak ada yang salah pada dirimu. Baru setelah dikritik kamu bisa menyadari bahwa ada sifat atau kelakuanmu yang mesti lebih disesuaikan.

Hanya melalui kritik kamu akan bisa menemukan perspektif baru tentang dirimu; perspektif yang mungkin tidak pernah terpikirkan olehmu sebelumnya. Hanya dengan ini wawasanmu tentang diri sendiri bisa lebih terbuka.

4. Kritik Membantumu Menjadi Lebih Sabar Dan Lebih Mudah Memaafkan

Menghadapi kritik pedas akan melatihmu menjadi orang yang lebih sabar dan mudah memaafkan. Karena kritik sering datang dalam bentuk yang kasar dan kita tidak bisa mengontrol perkataan orang pada kita, kita tentu saja rentan sakit hati saat mendengar kata-kata kasar yang ditujukan pada kita.

Tapi dari sinilah kamu bisa berkembang dan tumbuh menjadi lebih dewasa daripada sebelumnya. Berusaha lebih sabar, tidak mudah terpancing emosi, dan kemudian memaafkan orang lain tentu akan membuatmu semakin dewasa dan lebih bijak, bukan?


5. Kritik Akan Menantang Kemampuan Problem Solving-mu


Kata lain dari kritik adalah tantangan, oleh karena itu kritik akan sangat membantumu jika kamu ingin tahu kemampuanmu dalam menghadapi tantangan dan memecahkan masalah. Saat berbagai kritik datang padamu dan kamu bisa menghadapinya dengan baik, kamu akan merasa tertantang untuk membuktikan bahwa kamu bisa berubah.

6. Menerima Kritik Yang Sensitif Mungkin Akan Membuatmu Sadar Dan Membantumu Menyelesaikan Masalah di Masa Lalu

Kita semua memiliki masa lalu, namun tidak semua dari kita “benar-benar selesai” dengan itu. Kadang, tanpa disadari kita masih menyisakan masalah di masa lalu, menyimpannya dan membawanya hingga kehidupan kita saat ini.

Dan di saat kritik yang berhubungan dengan masa lalu itu datang pada kita, kita berubah menjadi sangat defensif. Tapi saat itu pula kamu bisa sadar bahwa ternyata kamu masih menyimpan “luka” masa lalumu, dan inilah saat yang tepat untuk mengobati dan melepaskan “luka” tersebut.

7. Kritik Akan Membantu Mengurangi Ego-mu


Memiliki ego yang besar akan menghambat perkembanganmu. Pada taraf yang lebih besar, ini bisa merusak hubunganmu dengan orang lain. Mendengarkan kritik membuatmu bisa berpikiran lebih terbuka, dan menerima bahwa kamu tidak lebih baik dari orang-orang di sekitarmu.



8. Kritik Menyadarkanmu Bahwa Kamu Tidak Akan Pernah Bisa Menyenangkan Semua Orang


Wajar memang jika kita ingin menyenangkan orang lain, namun kadang keinginan bisa membuatmu kesulitan sendiri. Kritik menjadi salah satu pengingat bagimu bahwa tidak semua orang bisa kamu bahagiakan.


9. Kritik Mengajarimu Rasa Empati



Rasa dan pengalaman yang kita dapatkan saat dikritik tentu akan selalu membekas bagi kita. Kita bisa tahu bagaimana rasa sakit yang diakibatkan sebuah kritik yang kasar. Ke depannya, kita bisa lebih hati-hati saat akan mengkritik orang lain.



10. Bisa Menerima Kritik Adalah Salah Satu Keahlian Yang Wajib Kamu Miliki Untuk Menghadapi Hidup



Takut pada kritik tidak akan membuatmu berkembang. Hanya ada satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kritik: tidak berkata apa-apa, tidak melakukan apa-apa, dan tidak menjadi siapa-siapa.


11. Kritik Mengingatkanmu bahwa Tidak Ada Manusia Yang Sempurna

Berlapang dada menerima kritik akan mengingatkanmu bahwa ketidaksempurnaan adalah bagian yang tak dapat dipisahkan dari manusia. Tidak ada manusia yang sempurna, dan kamu memang tidak perlu mencoba untuk menjadi sempurna. Kamu cukup berusaha semaksimal mungkin, dan biarkan waktu yang memberikan hasil dari kerja kerasmu.


Saat kamu telah berani mengakui kelemahanmu, hal terbaik yang bisa kamu dapatkan adalah kamu lebih bisa menikmati hidup, dan tetap merasa bahagia sekalipun hidup sedang tidak ramah kepadamu. Thanks 



Sumber : hipwee.com

Tidak ada komentar :