Untuk lolos dari trik ini pun juga adalah hal yang menantang, karena para tim marketing juga memainkan sisi psikologis dari para konsumennya untuk membeli produk mereka.
1. Harga Yang "Menipu"
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjKek6N8QlXRcAPMvjoNpsyfiT_nf0UY1ITnVs83xT7lHbC7H5hcmqDJ5ZI9ZHZm2-hw8_TeAsBnP7sJxX7GGAaLtyDDZF3NkBJVe32trONyzCur6R_wuxVYy9aibsb31BH1NfWvs0slT5r/s1600/starbs-850x637.jpg)
Bayangkan apabila selisih kedua harga tersebut sedikit. Ukuran medium dihargai Rp. 65.000, sedangkan ukuran large dihargai Rp. 70,000. Konsumen pasti akan membeli ukuran large, karena di pikiran mereka, lebih baik membeli yang ukuran yang lebih besar saja sekalian dengan selisih harga yang cuma Rp. 5000. Saya pernah mengalaminya dari sisi psikologi...Ok fine.
2. Beli 1, gratis 1
Mungkin ibu-ibu atau seseorang yang hobi shopping tahu akan hal ini. Yup, di pusat-pusat perbelanjaan seringkali terdapat program diskon dalam jangka waktu terbatas : misalnya diskon yang hanya berlaku dalam waktu dua hari. Hal ini dilakukan untuk menarik keinginan konsumen untuk segera membeli produk yang sedang diobral dalam waktu singkat tersebut.
Beberapa produk suka melabeli "Tidak asli, uang kembali ! " pada kemasan produk mereka. Hal ini membuat konsumen semakin tertarik untuk membeli barang tersebut karena konsumen berpikir produk mereka memakai material yang asli karena berani menjamin dengan pengembalian uang.
Padahal kalaupun ada kecacatan dalam produk, konsumen biasanya terlalu malas untuk menghubungi customer care. Di akhir hari, perusahaan pun tidak perlu repot-repot mengembalikan uang konsumen.
6. Tipuan Mata
Kita (khususnya saya) sebagai konsumen sering kali tertipu dengan produk makanan dengan warna yang menarik mata dan porsi ukuran yang terlihat lebih besar digambar. Padahal, dalam bentuk nyata makanan tersebut tidak seenak seperti apa yang digambarkan. Namun, tetap saja banyak konsumen yang terpengaruh untuk membelinya.
Nah, setelah kita tahu trik-trik pemasaran diatas, semoga kita bisa lebih waspada sebagai konsumen dalam membeli barang, jangan sampai terjerat dalam promo-promo yang sebenarnya tidak menguntungkan kita. Thanks mba Nadira Ma'rifa
Tidak ada komentar :
Posting Komentar